Selasa, 23 Juni 2009

8. Menurunkan Resiko Menopause

Menurunkan Resiko Menopause cartoon

Oleh karena menopause adalah kejadian biologis yang terjadi secara alamiah maka tak ada cara apapun untuk dapat mencegah terjadinya hal tersebut.

Meskipun demikian, terdapat cara-cara tertentu untuk mencegah resiko terjadinya penyakit yang diakibatkan oleh hilangnya estrogen antara lain osteoporosis dan penyakit jantung. Cara-cara itu adalah :


Meningkatkan konsumsi phytoestrogen :

  • Asupan phytoesterogen (isoflavon dan lignan) yang cukup tinggi dapat membantu mengurangi keluhan menopause. Bahan tersebut juga menurunkan resiko penyakit yang terjadi akibat hilangnya estrogen. Secara alamiah, phytoestrogen terdapat dalam makanan tertentu:
  • Isoflavone: kacang kedelai, buncis , kacang panjang dan kacang polong.
  • Lignan: biji-bijian tumbuhan, beberapa jenis buah dan sayuran.
  • Vitamin E , ubi jalar dan “black cohosh” diperkirakan dapat mengurangi gejala menopause

Konsumsi makanan yang sehat :

  • Diet dengan makanan sehat dapat memperbaiki perasaan sehat pada diri anda dan menurunkan resiko penyakit jantung, osteoporosis dan jenis keganasan tertentu.
  • Diet harus rendah lemak jenuh dan banyak makan buah-buahan, sayur dan biji-bijian.
  • Asupan kalsium yang cukup ( 1200 sampai 1500 mg perhari) dapat membantu menurunkan resiko osteoporosis. Anda dapat meningkatkan asupan kalsium dalam makanan dengan konsumsi makanan sehari-hari yang mengandung kalsium (disarankan yang rendah atau tanpa lemak) misalnya sayuran hijau yang segar, makanan atau saribuah yang mengandung kalsium tinggi. Vitamin D yang dijumpai pada sinar matahari dan sejumlah makanan tertentu (susu, hati dan ikan tuna) dapat membantu proses penyerapan kalsium

Hindari kafein dan alkohol :

  • Menghentikan minum kafein dan alkohol dapat menurunkan gejala kecemasan dan gangguan tidur.
  • Selain itu, dengan menghentikan minum kopi dan alkohol maka terjadi penurunan hilangnya kalsium tubuh danreswiko menderita gangguan kesehatan lain.

Menghentikan merokok :

Merokok adalah penyebab kematian pada usia muda yang paling dapat dicegah. Menghindari rokok dapat menurunkan resiko terjadinya menopause dini, penyakit jantung, osteoporosis dan sejumlah keganasan termasuk kanker paru dan servik

Banyak wanita yang mampu menghentikan kebiasaan merokok melalui serangkaian perjuangan yang hebat. Dokter anda dapat membantu dengan memberikan obat tertentu untuk menghentikan kebiasaan merokok seperti misalnya melalui pemberian obat antidepresan.

Kelas-kelas pendukung penghentian kebiasaan merokok seringkali memperlihatkan manfaat yang sangat penting.

Keberhasilan utama dalam program penghentian kebiasaan merokok adalah kombinasi antara modifikasi perilaku dan penggunaan obat-obatan.

Olahraga teratur:

Olah raga teratur adalah cara utama dalam menghilangkan sejumlah gejala menopause. Olah raga teratur akan memperbaiki pola tidur, merangsang biokimiawi otak yang dapat menurunkan perasaan negatif dan depresi.

Berjalan kaki, menaiki tangga, mengangkat tubuh dapat memperkuat struktur tulang dan menurunkan resiko osteoporosis.

Mengatasi stres:

Selama menopause, anda mungkin akan berhadapan dengan sejumlah keadaan yang menyebabkan stress seperti misalnya anak yang sudah beranjak dewasa atau meninggalkan rumah, perawatan orang tua anda dan pengaturan tanggung jawab yang lain. Anda dapat mengurangi stres dengan cara anda sendiri seperti makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup, olahraga teratur, menyediakan waktu yang cukup.

Terdapat sejumlah tehnik relaksasi yang dapat membantu anda dalam mengatasi stress secara efektif seperti yoga, olah pengaturan pernafasan, meditasi.


Sumber bacaan:

North American Menopause Society

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar