Selasa, 23 Juni 2009

10. Apa saja yang dikatakan oleh para penderita menopause ?


Apa yang dikatakan oleh pasien menopause ?

Linda adalah wanita berusia 51 tahun yang bekerja dalam bidang perencanaan pertamanan dan perbaikan rumah. Baru-baru ini dia bercerai dengan suaminya yang berusia 38 tahun dan mendapatkan dua orang anak yang kini sudah tinggal terpisah di kota yang sama.


Apa yang pertama kali anda ketahui sehingga anda menyimpulkan bahwa ada sesuatu yang tidak benar pada diri anda?

Apa yang anda rasakan dan bagaimana anda mengatasinya saat itu?

Gejala yang pertama kali saya rasakan adalah keluarnya keringat pada malam hari saat saya berusia 47 tahun. Saya berpikir bahwa hal itu merupakan awal dari menopause, dan saya kemudian segera membaca buku : The Wisdom of Menopause: Creating Physical and Emotional Health and Healing During the Change, yang ditulis oleh Christine Northrup.

Dari buku tersebut saya mengetahui betapa pentingnya masalah pengaturan gizi selama menopause dan saya kemudian segera pergi pada seorang Ahli Gizi. Ahli Gizi tersebut membantu saya dalam mencari berbagai jenis makanan yang baik bagi saya, dan saya segera merubah apa yang biasa saya makan berupa susu dan keju biasa menjadi susu dan keju yang terbuat dari kedelai. Saya juga mengidap gangguan pencernaan menahun, tepatnya didaerah lambung sehingga saya benar-benar harus mengatur cara makan saya agar gangguan lambung saya tidak menjadi semakin parah.

Akan tetapi, saya masih tetap mengeluhkan berkeringat malam hari sampai bertahun-tahun kemudian dan gejala-gejala menopause lain mulai bermunculan.

Kapan anda mendapatkan diagnosa menopause ?

Saat saya berusia 49 tahun, saya pergi mendatangi seorang ahli ginekologi karena menderita kekeringan vagina. Saat itulah, secara klinis saya dinyatakan oleh dokter sudah menopause. Saya diminta untuk melakukan pemeriksaan darah. Pada saat pertama, dokter tersebut akan memberikan terapi hormon, namun saya tolak mengingat adanya riwayat penderita keganasan payudara dalam keluarga terdekat saya. Selanjutnya dokter hanya menyarankan kepada saya bahwa sebaiknya saya melakukan modifikasi dalam gizi saya yang sebenarnya sudah saya lakukan.

Apa yang terjadi setelah anda mendapat diagnosa? Bagaimana cara anda mengatasi keluhan anda?

Pada usia 50 tahun, periode haid saya sudah mulai tidak teratur dan sangat beragam mulai dari yang sekedar berupa bercak-bercak sampai kadang-kadang bergumpal-gumpal sangat banyak. Saya mulai merasakan banyak berkeringat di siang hari dan bukan hanya sekedar malam hari seperti biasanya. Pola tidur saya mulai terganggu, saat malam hari saya hanya tertidur selama 3 – 4 jam dan kemudian terbangun dan tidak dapat tidur kembali. Hal ini membuat saya merasa lelah dan mudah tersinggung atau marah.

Kira-kira 6 bulan saya merasakan hal-hal seperti itu, saya pergi ke toko makanan sehat dan mencoba mencari sesuatu yang sekiranya dapat meringankan keluhan saya. Pada awalnya saya mencoba beberapa jenis “food suplement” dan ternyata tidak juga berhasil. 6 bulan yang lalu saya mendapatkan sebuah formula “food supplement” lain yang terbuat dari tumbuhan-tumbuhan dan ternyata sangat membantu saya. Saya dapat tidur nyenyak di malam hari selama sekitar 6 jam dan peristiwa keluarnya keringat malam hari sudah tidak terjadi lagi. Saya tidak lagi mudah berkeringat pada siang hari. Seringkali, bila saya lupa minum formula tersebut, keluhan-keluhan lama saya menjadi muncul kembali.

Apakah anda mendatangi seseorang yang diperkirakan dapat memberikan dukungan emosional?

Saya pernah datang ke konsultan dan menghadiri sebuah seminar tentang pengembangan pribadi untuk membantu saya mengurangi beban dalam kehidupan saya.Dalam seminar tersebut ada topik yang membahas mengenai masalah wanita. Topik bahasan tersebut ternyata tidak hanya membantu saya dalam mengurangi ketegangan hidup saya akan tetapi juga membangkitkan rasa percaya diri saya. Sekarang ini, saya tahu apa yang saya inginkan dalam hidup ini dan saat ini saya sedang berusaha untuk mencapainya.

Apakah kehidupan menopause memberikan dampak buruk pada pekerjaan anda?

Ya, mengingat bahwa pekerjaan saya seringkali memerlukan aktifitas fisik, keringat saya yang keluar senantiasa berlebihan . Keringat yang keluar tak jarang mengalir sampai mata saya dan saya merasa sangat gerah dan gatal disekujur tubuh. Saya sangat bahagia bahwa saya sudah menemukan formula yang dapat mengatasi keluhan saya tersebut. Pada sisi yang positif, rasa percaya diri saya yang meningkat saat ini membuat usaha saya menjadi semakin sukses.

Sampai seberapa jauh kehidupan menopause anda berdampak pada keluarga anda?

Oleh karena saya mengalami gangguan tidur malam, saya merubah kamar saya sedemikian rupa sehingga saya dapat melakukan sesuatu sendirian pada saat suami saya sedang tidur, Hal ini membuat dia sangat marah, dia tidak suka dengan adanya penyekat dalam kamar tidur kami. Namun hal itu tetap saya lakukan, rasa percaya diri saya yang sangat besar membuat saya tetap melakukan hal itu. Dan akhirnya, perkawinan kamipun menjadi berakhir.

Oleh karena anak-anak saya sudah tidak lagi hidup serumah pada saat saya mengalami menopause maka merekapun tidak pernah terganggu dengan keadaan saya. Akan tetapi, sejak saya bercerita kepada mereka mengenai perubahan diet dan eksprimen saya dengan berbagai suplemen makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, mereka memperhatikan dan mempelajari sesuatu dari hal ini yang mungkin akan mereka perlukan kelak dikemudian hari.

Bagaimana reaksi awal dan reaksi selanjutnya saat menyadari bahwa anda sudah memasuki kehidupan menoapuse?

Pada awalnya saya merasa sangat cemas oleh karena harus mengalami apa yang pernah dialami oleh ibu dan kakak perempuan saya yang terpaksa harus mengalami menopause akibat histerektomi atas indikasi perdarahan hebat dan anemia.

Dengan demikian saya mencoba dengan cara apapun juga untuk menghindari kejadian itu. Itulah sebabnya mengapa saya membaca buku Christine Northrup saat saya mengalami gejala menopause yang pertama dan kemudian pergi ke seorang nutrisionis. Itu juga yang menyebabkan mengapa saya pada saat stres menjadi semakin bertambah parah akibat adanya gejala menopause pergi menemui konsultan dan mengikuti seminar pengembangan pribadi.

Sebagai akibat dari berbagai usaha saya tersebut, saya merasa bahwa kesehatan saya secara umum dan kualitas hidup saya menjadi bertambah baik. Sekarang, saya merasa dapat mengatasi berbagai masalah kehidupan dengan mudah, tidak seperti saat saya masih belum menopause dulu.

Saat ini saya merasa bahwa kehidupan menopause adalah sesuatu yang menyenangkan. Selera makan saya menjadi lebih baik. Berat badan saya turun hampir 15 kilogram, tekanan darah saya menjadi normal, derajat tekanan hidup saya terasa lebih rendah dan saya merasa bahagia saat ini.

Bila saya menatap kebelakang, saya percaya bahwa keluhan menopause saya akan memperburuk kehidupan saya seandainya saja saya tidak melakukan hal-hal yang telah saya lakukan itu..

Apa yang anda sarankan kepada mereka yang akan memasuki menopause ?

Terdapat begitu banyak jalan yang dapat dicoba untuk mengatasi keluhan menopause. Banyaklah membaca buku-buku yang dapat memberikan kepada anda informasi yang anda butuhkan dan pilihlah petunjuk atau nasehat yang sesuai untuk diri anda.

Namun yang terpenting dari segala yang penting adalah pengembangan pribadi anda, jadilah anda sebagai diri anda sendiri dan lewati sisa kehidupan anda dengan penuh kearifan serta harga diri.


Sumber bacaan :

National Women's Health Information Center. Diperoleh dari :
http://www.4woman.gov/

1 komentar: