Selasa, 23 Juni 2009

11. Mengatasi keluhan menopause


Mengatasi masalah menopause

Semburan panas ( hot flush)

  • Kenakan pakaian yang terbuat dari katun. Jangan gunakan pakaian yang terbuat dari sutra, poliester dan sintetik lain yang cenderung tidak menyerap panas tubuh.
  • Bila ada merasakan datangnya serangan hot flash, minumlah segelas air dingin
  • Keluhan berkeringat dimalam hari, gunakan kompres dingin pada muka atau kantung es ditempat tidur anda.
  • Kurangi makanan atau minuman yang mengandung kafein dan atau alkohol
  • Hindari makanan pedas dan minuman panas
  • Hindari tembakau
  • Minumlah makanan dan minuman yang terbuat dari kedelai
  • Beberapa wanita mengatakan bahwa asupan vitamin E setiap hari membantu mereka dalam mengatasi masalah menopause

Kekeringan vagina / Masalah saluran air seni

(infeksi saluran air seni , inkontinesia urinae)

  • Gunakan krim vagina atau pelumas untuk mengurangi rasa nyeri akibat kekeringan vagina saaat melakukan sanggama.
  • Buang air kecil sebelum dan sesudah
  • Banyak minum air dan sering buang air kecil
  • Lakukan “ kegel exercise” yaitu melakuknan kontraksi dan relaksasi otot-otot yang anda gunakan untuk menghentikan buang air seni. Latihan ini membantu penguatan otot vagina, merangsang orgasme dan mencegah terjadinya inkontinensia.

Masalah Psychologis

(kecemasan, depresi dan iritabilitas)

  • Komunikasi dengan pasangan hidup secara terbuka mengenai apa yang menjadi keluhan anda dan mintalah dukungan darinya.
  • Bergabunglah atau buatlah kelompok wanita menopause untuk berbagi.
  • Temuilah dan mintalah dukungan dari teman sekerja yang juga mempunyai pengalaman yang sama
  • Temuilah konsultan yang kompeten
  • Obat penenang atau anti depresan mungkin dapat membantu.
  • Identifikasi sumber stres dalam hidup anda dan hilangkan.

Pelupa

  • Buat kebiasan untuk mencatat segala sesuatu yang perlu.
  • Gunakan buku perjanjian, kalender, catatan, jam alarm dan penanda waktu.
  • Mintalah orang lain untuk mengingatkan anda.

Berat Badan

  • Olah raga aerobik 3 kali seminggu masing-masing seama 30 menit.
  • Sedapat mungkin gunakan tangga dan hindari lift atau eskalator
  • Kurangi asupan lemak dan kalori

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar